Suara vocal alat musik paling ekspresif
10/11/2017

Suara vocal alat musik paling ekspresif

Posted By:

Img

Alat-musik yang paling pokok adalah suara manusia. Menyanyi adalah ekspresi paling alami dan gaya spontan musik, dan karena hampir selalu berhubungan dengan suatu teks maka menyanyi dapat secara jelas menyatakan pikiran seperti halnya emosi. Ketika penyanyi bersama dengan alat-musiknya sendiri, suara tidak pernah sama sekali berada dalam jarak dari kepribadian.

Bagaimanapun suatu suara yang baik tidak otomatis membuat seseorang itu dapat menjadi penyanyi kecuali jika suaranya dikombinasikan dengan irama yang akurat, pengertian yang benar tentang pola titi nada dan ucapan. Seperti dalam alat-musik lainnya, bunyi dari suara adalah hasil dari vibrasi yang diperkuat. Vibrasi dari pita suara bergema di rongga dada (dalam tingkat nada bagian bawah) dan di kepala (dalam tingkat nada bagian atas). Penyanyi secara otomatis menyesuaikan bentuk dan ukuran rongga untuk menghasilkan nada yang diperlukan.
Jarak Nada
Ketika laki-laki dan perempuan bernyanyi bersama, maka laki-laki selalu bernyanyi satu oktaf lebih rendah, jarak normal dari suara perempuan adalah dalam kunci musik suara tinggi (treble clef), dan laki-laki adalah kunci musik suara rendah (bass clef). Setiap suara memiliki jarak alami titi-nadanya sendiri. Suara perempuan yang palung tinggi disebut soprano, dan yang paling rendah contralto atau alto, dengan mezzo-soprano terletak di antara keduanya. Titi-nada ini juga dalam jarak suara anak laki-laki (dikenal sebagai treble).
Suara laki-laki yang paling rendah adalah bas dan suara yang paling tinggi disebut tenor, dengan baritone terletak di antara kedua jarak suara itu. Beberapa penyanyi memiliki perluasan alami pada puncak jarak nada mereka yang memungkinkan mereka menyanyi dalam jarak alto atau countertenor.
Madrigal
Pada mulanya gereja melarang perempuan untuk berpartisipasi dalam pelayanan, jadi bagian suara tinggi (treble) dinyanyikan oleh anak laki-laki (kaum remaja) dan countertenor. Sampai abad ke-15 sebagian besar musik ditulis untuk suara tinggi, tetapi dengan perluasan polyphony, nyanyian mulai untuk mengutamakan dua bagian di bawah tenor dan kualitas suara bas menjadi dikagumi lebih baik.

web counter