Antara Musik Dan Teknologi
03/21

Antara Musik Dan Teknologi

Posted By: (amz)

Img

Semakin majunya teknologi membuat lagu sekarang sudah bisa didengarkan melalui pemutar MP3. Iya sebuah format file komputer yang bisa dipakai untuk mendengarkan suara, termasuk untuk mendengarkan musik dan lagu.

Cukup dengan mencari file MP3 nya saja, dan file dimasukkan ke dalam pemutarnya, maka kita pun akan langsung menikmati alunan musiknya, tanpa perlu repot mencari kaset pita seperti dulu lagi. Akibatnya semakin mudah pula pihak konsumen dan penikmat musik tanah air mencari file MP3 dan mendownload lagu dari internet, atau saling tukar menukar dan mengirim lagu melalui flashdisk, komputer, CD, handphone, dan alat elektronik lainnya.

Dan kesemuanya itu dilakukan tanpa biaya alias gratis. Industri musik tanah air tergerus oleh kecanggihan teknologi yang tak mungkin dibendung lagi. Seniman musik kita sekarang hanya bisa mengandalkan penghasilannya dari RBT, konser, soundtrack lagu yang dipakai untuk film atau sinetron, pembelian CD (itu pun hanya sedikit).

Dan saya rasa, hal itu juga terjadi di industri musik mancanegara. Kalaupun ada pihak konsumen yang mau membeli CD asli atau mendownload lagu mereka melalui website resmi yang berbayar, itu hanyalah segelintir orang yang memang benar-benar cinta dan peduli dengan perkembangan musik Indonesia, mereka lah yang bisa dikatakan penggemar dan fans sejati, yang peduli dengan nasib idola mereka dan peduli dengan perkembangan musik Indonesia. Yah begitulah perkembangan teknologi sekarang, di satu sisi membuat kehidupan manusia semakin mudah, tapi di sisi lain mempunyai dampak yang negatif pula.

web counter