Mudahnya Menikmati Lagu Gratis dari Spotify

Mudahnya Menikmati Lagu Gratis dari Spotify

Spotify merupakan jasa streaming untuk mendengarkan musik komersial. Di sana, tersedia musik dari berbagai label rekaman termasuk Sony, EMI, Warner Music Group, dan Universal.Untuk menikmati musik via Spotify, bisa berlangganan atau gratis. Jika gratis, harus rela menikmati iklan sebelum lagu diputar. Sebaliknya, iklan tidak ada untuk versi berbayar.Terdapat kelebihan dan kelemahan dari pilihan gratis serta berbayar. Selain harus terganggu dengan iklan, Spotify versi gratis juga hanya bisa didengarkan dalam keadaan online.

Sementara yang berbayar, lagu yang sudah diunduh bisa dinikmati di mana saja, dan di gadget apa saja, bahkan secara offline.Harga berlangganannya sendiri US$ 10 atau Rp sekitar 120 ribu.Cara bergabung di Spotify tidak sulit. Cukup mendaftar dengan akun baru atau Facebook.Saat membuka situs Spotify, terdapat pilihan ‘Download Spotify’. Ada pula pilihan untuk mendaftar dengan alamat e-mail atau Facebook.
Perlu mengisi nama pengguna, kata sandi, alamat e-mail, konfirmasi e-mail, tanggal lahir, dan jenis kelamin saat mendaftar dengan nama e-mail.Setelah selesai mendaftar, pengguna dapat mengunduh aplikasi di komputer atau laptop. Silakan masuk dengan akun yang sudah didaftarkan. Lalu, cari musik yang dinginkan dan mainkan.Untuk mencari lagu, ada pilihan ‘search’ di Spotify. Silakan ketik nama lagu yang diinginkan. Pengguna juga bisa membuat playlist sendiri dengan mencari ‘New Playlist’ pada ‘file’.
Jika ingin membagi lagu-lagu yang disukai ke akun-akun media sosial, ada pula opsi ‘share’. Itu bisa langsung terhubung dengan Facebook, bahkan bisa memberi tanda pada teman dengan nama mereka.Bagi musisi yang ingin memasukkan lagu ke Spotify, tidak bisa langsung mengunggah. Di balik kontroversinya dengan Taylor Swift dan musisi lain, Spotify punya kebijakan ketat.Setiap musik di situsnya, harus dimasukkan oleh label atau distributor. Itu dilakukan untuk memastikan Spotify dilisensi dan mencegah musik ilegal diunggah oleh pihak ketiga.

Namun jika tidak memiliki label atau distributor, Spotify memiliki daftar distributor dan aggregator digital yang dapat memasukkan musik. Dengan begitu, musisi tetap menerima bayaran dari setiap lagu yang didengarkan orang.Musisi yang sudah memiliki label atau distributor, tinggal meminta untuk memasukkan musik ke Spotify. Layanan streaming itu butuh beberapa minggu untuk memasukkannya. Setelah itu, tinggal tunggu.