Dewan Kesenian Kota Pekanbaru

Dewan Kesenian Kota Pekanbaru

29/11

Dewan Kesenian Kota Pekanbaru atau sering disingkat DKPP adalah organisasi seni-budaya yang berkedudukan di Kota Pekanbaru, Riau. Organisasi ini dibentuk sebagai mitra kerja Pemerintah Kota Pekanbaru dalam rangka ikut menyukseskan pembangunan dalam bidang seni-budaya melalui upaya penelitian, pengembangan, pemeliharaan, pembinaan, pendokumentasian, penyediaan wahana apresiasi, rekomendasi, dan pengiriman duta-duta seni ke wilayah lain, dalam negeri maupun luar negeri.

DKPP dipimpin oleh pemangku ketua umum yang dibantu oleh sekretaris, bendahara, dan beberapa komite. Dewan Kesenian Pekanbaru juga memiliki fungsi kontrol terhadap pemerintah setempat terkait kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan menyangkut aspek seni-budaya.

Kepengurusan
Dalam satu periode kepengurusan, Dewan Kesenian Pekanbaru memiliki rentang waktu lima tahun, yang dipilih melalui Musyawarah Daerah Dewan Kesenian. Kepengurusan pleno DKPP meliputi: pelindung yang dijabat oleh wali kota, wakil wali kota, dan ketua DPRD setempat; penasihat terdiri dari satu orang dari Dewan Kesenian Riau, satu orang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, satu orang dari Dinas Pendidikan, satu orang dari Lembaga Adat Melayu Kota Pekanbaru, tujuh orang lainnya merupakan tokoh-tokoh seni; pengurus harian terdiri dari pemangku ketua umum dibantu oleh ketua 1, ketua 2, ketua 3, sekretaris umum didampingi oleh wakil sekretaris, bendahara, dan beberapa komite antara lain komite sastra, komite musik, komite teater dan film, komite tari, dan komite seni rupa. DKPP juga didukung oleh divisi komunikasi yang berperan sebagai penyedia informasi kegiatan, pengolah data, dan pendokumentasian kegiatan.

Dasar Hukum Inmendagri No. 5A tahun 1993
Mitra kerja Pemerintah Kota Pekanbaru Jenis Organisasi seni-budaya
Periode 2012 - 2017
Ketua Hari Sandra Hasan
Komite-komite Komite Sastra Komite Musik Komite Teater dan Film Komite Tari Komite Seni Rupa